Berkunjung Ke Morotai, Oknum Anggota DPRD Mengatasnamakan Wartawan

323

Redaktur MalutTimes,  Muhammad Idhar Bakri (Foto: Istimewa)


HALBAR, CH- Entah apa yang merasukinya, oknum Anggota DPRD Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), ini mengatasnamakan wartawan saat melakukan perjalanan dinas ke Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara.

Hal ini diketahui dalam daftar nama rombongan bupati, sekertaris daerah dan para anggota DPRD Halbar ke Morotai dengan agenda studi banding yang dikantongi awak media, Rabu (10/03/2021).

Berdasarkan daftar nama dalam rombongan itu, diketahui oknum anggota DPRD yang mengatasnamakan wartawan itu bernama, Herman Jofes Moanurak.

Menanggapi hal ini, Redaktur Media Online MalutTimes.com, Muhammad Idhar Bakri mengatakan, tindakan mengatasnamakan wartawan oleh oknum Anggota DPRD Halbar ini merupakan pelanggaran administrasi yang tidak bisa diberikan toleransi.

“Kalau soal mengatasnamakan wartawan yang kemudian dicantumkan dalam Rundown kunjungan maka saya pikir ini bentuk kesengajaan, jangan jangan kuota keberangkatan khususnya DPRD melebihi sehingga oknum DPRD itu masuk dalam daftar wartawan, ini tidak bisa di tolerir,” tegas Al, sapaan akrab Idhar, ke sejumlah awak media di Kiram Koffe Jl. Ki Haji Dewantara Desa Hatebicara Kecamatan Jailolo.

BACA JUGA  Pemda Halbar Bakal Bangun Jalan Produksi Secara Swakelola

Al mengatakan, perbuatan  mengatasnamakan wartawan itu telah merugikan pihak kuli tinta peliputan Halbar. Sehingga dirinya mendesak agar persoalan tersebut dibawa ke ranah hukum sehingga pers tidak dianggap remeh oleh oknum-oknum yang nantinya mengulangi perbuatan tidak terpuji itu.

Al menambahkan, agenda ke Morotai ini sangat tertutup kepada awak media sehingga ini harus ditindaklanjuti, agar nama wartawan tidak lagi di bawah- bawah terkait perjalanan yang tidak tau arahnya itu.

Al menyerukan kepada wartawan peliputan Halbar agar memberikan efek jerah kepada orang yang mengatasnamakan wartawan. Sebab menurutnya tindakan yang dilakukan oknum Anggota DPRD tersebut sangat merugikan wartawan dan melanggar kode etik profesi jurnalis

“Anggota DPRD yang mengatasnamakan wartawan itu perlu dilaporkan ke pihak yang berwajib, biar ada efek jerah dan menjadi catatan penting bagi yang lain,”tandasnya. (Red)

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here