Lapas Kelas IIB Jailolo Resmi Sarana Asimilasi dan Gelar Edukasi Ke Warga Binaan

68
Peresmian Sarana Asimilasi Lapas Kelas IIB Jailolo

HALBAR, CH- Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Jailolo di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Sabtu (11/9/2021) kemarin meresmikan sarana asimilasi. Selain itu, juga dilakukan edukasi ke Warga Binaan Permasyarakatan (WBP).

Peresmian dilakukan langsung oleh, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI melalui Kepala, Kantor Wilayah Maluku Utara, M. Adnan didampingi Kepala Lapas Kelas IIB Jailolo, Haryono, Kadiv Administrasi Raymond J.H.T, Kadiv Permasayarakatan, Teguh Wobowo, Kadiv Keimigrasian, Filiyanto Akbar,  kepala Perikanan Agustinus Mahole dan Kadis Pertanian serta seluruh UPT di lingkungan Lapas Kelas IIB Jailolo.

Kepala Lapas Kelas IIB Jailolo, Haryono menuturkan, pihaknya selalu mendorong petugas unit pelaksana tekhnis (UPT) di Lapas Jailolo agar selalu berinofasi dan berbuat yang terbaik untuk organisasi. Selain itu, setiap kegiatan pihak lapas menggunakan sarana prasarana kantor untuk melakukan pembinaan kemandirian bagi WBP.

“Adapun kegiatan pembinaan kemandirian yang kita lakukan untuk mengelola sumber daya alam (SDA) baik di sektor pertanian seperti produksi sayur timun, pare, labu, terong, cabe, peternakan dan ini dari hasil tanam warga binaan di lapas Jailolo,” sebut Haryono dalam sambutanya.

BACA JUGA  Pemda Halbar Temukan Perusahaan Pekerjakan Karyawan Tanpa Perjanjian Kontrak Kerja

Saat ini menurut Haryono, dari hasil sayur mayur yang ditanam oleh WBP sudah bisa berdiri sendiri dan dan berkontribusi kepada PMDP Negara. Kata dia, ini tidak terlepas dari kerjasama dari berbagai pihak terutama DPRD Halbar yang selalu memberikan support.

Wakil Ketua DPRD Halbar, Riswan H. Kadam mengatakan, pihaknya dengan setulus hati dan bersungguh-sungguh, secara  lembaga akan selalu memberikan tenaga maupun pikiran dalam rangka membantu program kegiatan di Lapas Jailolo sampai pada tahun-tahun yang akan datang. Jika di butuhkan baik dukungan dalam bentuk gagasan maupun anggaran.

Riswan, mengaku telah mendapat informasi dari Kepala Lapas, bahwa di 2022 nanti ada program wisata. Dimana, Lapas Jailolo direkayasa sedemikian rupa untuk menjadi pusat kunjungan masyarakat.

“Ini juga menjadi komitmen kami secara lembaga DPRD bersama-sama dengan kepala lapas dalam rangka mensukseskan  misi program mulia dalam lingkungan kemasyarakatan lapas IIB Jailolo,” ujarnya.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here