Bupati Harap Kehadiran Pasar Fatenou Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

649

Persemian Pasar Fatenou Bisa Di Desa Buli Wayafli Oleh Bupati, H. Ubaid Yakub (Foto: Nehemia CH)


MABA, CH- Terhitung mulai hari ini, Rabu (1/6/2021), Pasar Tradisional Fatenou di Desa Wayafli Kecamatan Maba mulai difungsikan. Ini setelah, Bupati Halmahera Timur, Ubaid Yakub meresmikan pasar tersebut.

Dalam sambutanya, Ubaid berharap,
dengan hadirnya pasar ini bisa meningkatan ekonomi masyarakat, khususnya warga di Desa Wayafli dan Buli Asal. Bupati juga berharap, seluruh stakeholder agar bersama-sama bergandeng tangan untuk ikut meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dijelaskan, fungsi pasar ada dua, yakni fungsi ekonomi dan fungsi sosial. Fungsi ekonomi kata Ubaid, adalah terjadi transaksi ekonomi yang dirasakan masyarakat. Sementara fungsi sosial adalah akan terjadi pertemuan antara pembeli dan penjual, maka akan ada fungsi silaturahmi yang tebangun di pasar Fatenou ini.

“Semoga pasar ini mnjadi pasar transaksi jual beli tiap hari, yang dibutuhkan konsumen, jangan dijadikan pasar Fatenou ini pasar takut siang, yang perna dilakukan orang tua dahulu, tetapi Pasar Fatenou ini harus dijadikan pasar yang berkembang, dan menarik perhatian banyak pengunjung,” kata Ubaid.

BACA JUGA  Syukuran HUT Ke-72 Polwan, Kapolres Haltim Potong Tumpeng

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Pemkab Haltim ini juga menyebut, ciri khas tanaman warga di Desa Wayafli dan Buliah Asal adalah Buah Nanas. Dia meminta agar warga setempat terus mengembangkan Buah Nanas itu agar dikenal oleh masyarakat luas.

“Bukan buah Nanas yang dibeli di Subaim dan jual di pasar Fatenou, tetapi orang Subaim, PT. Antam, PT. IWIP yang datang beli buah Nanas di Desa Buli Asal dan Wayafli,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wayafli Kecamatan Maba Yehuda Guselaw SE, dalam sambutanya mengatakan, Pasar Fatenou ini sejak 2018 atas inisiatif Pemerintah Desa Wayafli dengan Buli Asal. Banguna pasar ini menghabiskan dana Rp. 360 juta yang bersumber dari Pemda Haltim, PT. Antam dan Dana Desa (DD) dari dua desa tersebut.

“Terima kasih kepada Pemda Haltim, PT. Antam, dan Camat Maba yang telah memberikan dukungan dan motifasi, serta semua pihak serta masyarakat Wayafli-Buli Asal yang telah membantu Pemerintah Desa dalam proses pembangunan Pasar Fatenou, hingga sampai pada acara peresmian,” ucap Yehuda. (Red)

BACA JUGA  Bupati Muhdin Tekankan Kedisiplinan Untuk Bangun Haltim

Nehemia bustami
Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here