Dialog Publik Harmoni Membangun Harbar Berjalan Lancar

177

Dialog Publik Harmoni (Foto: Riko CH)


HALBAR, CH- Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), resmi menggelar dialog Publik Harmoni Membangun. Dialog yang sempat tertunda ini, akhirnya terlaksana pada, Kamis, (24/6/3021).

Dialog yang berlangsung di lantai I Aula Bidadari Kantor Bupati Halbar ini, mengangkat tema “Kolaborasi Strategi Percepatan Pembangunan Daerah.”

Hadir dalam dialog ini pemateri, Bupati Halbar James Uang, Walikota Ternate M.Tauhid Soleman, Walikota Tidore Kepulauan Kapten Ali Ibrahim dan Bupati Pulau Morotai, Beni Laos.

Selain itu hadir juga petinggi lainya, yakni Wakil Bupati Halbar Djufri Muhammad, Sekda Halbar Syahril Abdullah Rajak, Kapolres Halbar AKBP Indra Andiarta,S.Ik,MH, Wadanyonif RK 732/Banau Mayor Inf. Solihin, mewakili Dandim 1501/Ternate, Danramil 1501-03/Jailolo Kapten Inf. Suprapto, serta para pimpinan SKPD serta undangan lainya.

“Dalam pembahasan dialog ini diharapkan kita dapat membahas tentang kemajuan daerah kita khususnya di Maluku Utara yang berkerja sama dalam bentuk segitiga emas, dengan selalu mengutamakan percepatan pembangunan daerah dan kemajuan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Halbar, James Uang dalam sambutnya.

BACA JUGA  Tuntutan Tidak Dipenuhi, HPPMST Ancam Boikot Jalan Di Halbar

Dengan adanya dialog ini ini diharapkan saling berkerja sama antar daerah yang bertujuan untuk saling membutuhkan dalam hal berkoordinasi berbagai bentuk aspek guna percepatan kemajuan daerah.

Sementara itu dalam materi dialognya, James Uang memaparkan soal investasi SDM yang diarahkan pada bidang kesehatan. Mepertahtikan anak mulai dari kandungan dengan kebijakan anggaran.

“Soal bidang kesehatan tentunya menjadi visi misi kami terkait kebijakan anggaran
Kemudian soal pendidikan caranya 5-6 sekolah divokuskan jadi satu sehingga ketika digabungkan jadi satu untuk keunggulan. Hal ini juga sudah di studi banding ke Pulau Morotai,” ujarnya.

Dari aspek perencanaan kata bupati,
telah menghitung  dan mendesain sehingga kedepan pendidikan dan kesehatan  bisa gratis. Untuk pendidikan, pihaknya telah membiayai 5 tenaga dokter untuk sekolah.

“Semua pihak harus objektif melihat berbagai kebijakan, untuk kepentingan juga suda saya lakukan bersama Jufri Muhammad terutama terkait kebijakan pengelolaan keuangan, baik hak hak PNS hingga aparatur desa dan sekarang kami usulkan anggaran untuk perbaikan- perbaikan jalan yang rusak,” tukasnya.

BACA JUGA  DPMPTSP Halbar Bakal Tinjau 5 Titik Lokasi Pembangunan Indomaret

Sementara itu, Bupati Morotai, Beny Laos mengatakan, untuk membangun sebuah negeri  butuh ketulusan bersama. Percepatan pembangunan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Kekuatan kita bisa bangkit kalau kita bersatu, tentunya kita bekerja semua pakai data dan basis, bukan pakai emosi dan percepatan pembangunan tentunya perlu didukung dengan sarana infastuktur, yang paling penting bagaimana membangun Sumber daya manusia dalam demokrasi politik ini kita dukung yang terbaik,semua tergantung niat kita semua,” ujarnya.

Dikatakan, Soal segi tiga emas dan usulan  DAK, ada tiga hal yang mendasar, pertama konsep, kemudian perencanaan, dan terakhir kepala daerah mampu meyakinkan publik.

“Bangun Maluku Utara tentunya butuh dukungan semua kepala daerah utk bersatu, tentunya tujuan kita semua tanpa kepentingan untuk kemajuan negeri,” paparnya. (Red)

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here