Kemenag Halbar Gelar Bimbingan Manasik Haji Mandiri Bagi CJH 2021

120

Bimbingan Manasik Haji Mandiri Oleh Kemenag Halbar (Foto: Riko CH)


HALBAR, CH- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) menggelar bimbingan Manasik Haji Mandiri bagi Calon Jamah Haji (CJH) musim Haji 1442 Hijriah Tahun 2021 Masehi.

Kapala Seksi penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Halbar , Hj. Fahriah Usman mengatakan, dengan manasik haji mandiri ini dapat menambah pemahaman bagi CJH, meskipun belum dipastikan kapan keberangkatan mereka.

“Berita yang terbaru mungkin di akhir Maret baru bisa berangkat, kita belum bisa untuk memastikan informasi soal keberangkatannya karena kami masi menunggu informasi dari pemerintah pusat,” katanya, saat ditemui di sela-sela manasik Haji, Rabu (3/3/2021).

Disebutkan kuota CJH Halbar 68 orang, namun yang hadir dalam Manasik Haji ini hanya 55 orang. Sementara 13 orang lainya masih ada kesibukan sehingga tidak sempat hadir.

Selain Manasik Haji, para CJH juga melakukan pemeriksaan kesehatan oleh tenaga kesehatan dari Pemkab Halbar, sekaligus disertai dengan sosialisasi vaksin Covid-19.

BACA JUGA  GEKRAFS Nasional Malut Hadirkan Talk Show Ekonomi Kreatif

“Dan kegiatan manasik haji ini terakhir, tidak ada lagi sampai kami menunggu keputusan apakah ada keberangkatan haji atau tidak, nanti jika memang ada paling tidak kami punya jamaah haji ini suda dibekali mulai pembimbingan ibadah sampai dengan praktek,” tukasnya.

Diharapkan, dengan bekal bimbingan dan Manasik Haji ini, para CJH bisa mandiri saat menjalankan ibadah haji nanti.

“Semoha kesehatan mereka tetap terjaga, kegiatan manasik haji ini kami menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan pengukuran suhu terhadap calon jamah haji,” tutupnya. (Red)

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here