Dinas Pertanian Halbar Bakal Siapkan Lokasi Perternakan

44

Dinas Pertanian Halbar Bakal Siapkan Lokasi Perternakan

HALBAR,CH- Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara, di 2021 ini, telah menyiapkan lokasi untuk para peternak sapi dan ayam beras.

Kepala Dinas Pertanian Halbar, Hendrik Sarapung mengatakan, untuk mendukung usaha para pertanak, pihaknya akan membuat kandang sapi dan ayam beras untuk dijadikan tempat usaha.

Tempat usaha ini berada di Desa Sidodadi, Desa Air Panas dan Desa Goal di Kecamatan Sahu Timur.

“Anggarannya berasal dari DID (Dana Insentif Daerah) sebesar Rp. 1,4 miliar. Alhamdulillah sampai saat ini progres pekerjaannya suda 50 sampai 60 persen dan ditargetkan bulan oktober ini suda selesai,”ujar Hendrik kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Hendrik menambahkan, pihaknya juga akan membuat sumber air bagi kelompok pertanian yang ada di Kecamatan Ibu, Jailolo dan Jailolo Selatan. Sumber air ini berupa sumur bor bak air dan jalan-jalan tani.

Seelain itu pihaknya juga merehabilitasi kantor badan penyuluhan pertanian yang berada di tiga kecamatan tersebut.
Progres dari kegiatan tersebut suda 40 sampai 50 persen.

BACA JUGA  Ini Tanggapan Pemda Haltim Soal Lahan SD N 2 Maba

“Sumber anggarannya dari Dana
Alokasi Khusus (DAK) kurang lebih tujuh miliar yang dialokasikan kementerian pertanian pusat,” sebutnya.

Lanjut dia, semua program ini dikerjakan secara swakelola kelompok. Artinya proses pekerjakannya dikelolo oleh masyarakat yang diawasi langsung oleh Pemerintah Daerah.

“Kami berharap semua program yang saat ini berjalan agar dapat dilaksanakan secara baik, agar kegiatan ini bisa menolong semua kebutuhan petani di lapangan,” harapnya.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here