Dishub Halbar Bakal Genjot PAD Melalui Retribusi Parkiran

36
Kepala Dinas Perhubungan Halbar, Marthen A. Baura

HALBAR,CH- Dinas Perhubungan Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara, terus bekerja keras untuk daerah. Salah satunya, yang saat ini tengah dikerjakan adalah tempat parkiran kendaraan untuk penarikan retribusi demi mengenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Dinas Perhubungan Halbar, Marthen A. Baura mengatakan ada empat lokasi parkiran di Kecamatan Jailolo yang menjadi fokus yakni, depan Tokoh Megaria, lokasi Festival Teluk Jailolo, depan Koramil dan Pasar Akelamo.

“Di depan tokoh Nigeria sudah selesai, sedangkan di tiga titik lainya dalam minggu ini juga kami akan kerjakan,” kata Marthen, Rabu (29/9/2021).

Selain di empat lokasi tersebut, kata Marthen, pihaknya juga akan membangun lokasi parkiran di sejumlah tempat, diantaranya di Pasar Tongute Ternate Kecamatan Ibu dan di Desa Sidangoli Dehe  Kecamatan Jailolo Selatan.

Dia menjelaskan, pekerjaannya secara bertahap karena terkendala anggaran yang belum dicairkan dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD). Mau tidak mau, pekerjaan lokasi parkir yang sementara dalam pekerjaan ini menggunakan anggaran internal.

”Tujuan dari pembangunan lokasi parkiran  ini selain penertiban kendaraan, di lain sisi meningkatkan PAD,”jelasnya.

BACA JUGA  BPKP Malut Minta SKPD Di Halbar Kelola Anggaran Dengan Baik

Untuk di 2020, Marthen akan mengusulkan program pengujian kendaraan bermotor khususnya  roda 4 dan 6 ke bupati. Nanun hal ini dapat realisasi atau tidak tergangtung kondisi keuangan daerah. Program ini kata dia, Pemerintah Pusat akan memberikan bantuan alat, jika daerah telah menyiapkan bangunanya.

“Hal Ini juga sebagai salah satu  kewajiban daerah untuk pelayanan publik yang di berikan kepada pengguna kendaraan.  Program ini rencananya diusulkan ke BPKD dengan nilai anggaran sebesar satu miliar dan diharapkan dapat dialokasikan,” harapnya.

Riko Noho

Reporter : Riko Noho
Editor : Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here