Musrembang RKPD Dan RPJMD Halbar Akan Fokus Pada Pemulihan Ekonomi Dan Transformasi

226

Kepala Bappeda Halbar, Sony Balacai (Foto: Riko CH)


HALBAR, CH- Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut)  bakal gelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) penyusunan rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk 2022 dan penyusunan  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  2021-2026.

Di ketahui di dalam penyusunan RKPD tersebut lebih difokuskan pada pemulihan Ekonomi dan Transformasi sosial demi pengembangan pembangunan daerah berkulitas dan berkeadilan

Kepala BAPPEDA Halbar, Sony Balacai mengatakan, Musrembang dua agenda tersebut akan difokuskan pada pemulihan Ekonomi dan Transformasi sosial demi pengembangan pembangunan daerah berkulitas dan berkeadilan.

“Penyusunan program nantinya harus disesuaikan dengan Rencana kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021, yakni pemulihan ekonomi dan reformasi sosial,” kata Sony, Senin (15/2/2021).

Dijelaskan, program pemulihan ekonomi dan transformasi sosial yang difokuskan itu yakni,  pengembangan peningkatan pembangunan daerah berupa ketahanan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkeadilan, meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, memperkuat infrastruktur,  pelayanan lingkungan hidup yang baik, memperkuat ketahanan bencana dan iklim yang aman.

BACA JUGA  Ini Tanggapan Pemda Haltim Soal Lahan SD N 2 Maba

Saat ini kata Soni, pihaknya menggelar rapat khusus di internal Bappeda untuk pengajuan rencana penelitian tentang optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Soni menambahkan untuk PAD Halbar  yang terealisasi sekitar Rp. 47 miliar dari Rp. 68 miliar yang direncanakan. Sementara Rp.  930 miliar anggaran yang dipersiapkan pada RKPD 2021 PAD yang dirancang sebesar Rp. 26,3 miliar.

“Harapan, seluruh rencana kerja pada tahun 2021 bisa terlealisasi dan teristimewa pemulihan ekonomi masyarakat di Tengah-tengah Covid-19  dengan anggaran di perkirakan 26 miliar yang tersebar diseluruh SKPD,” harapnya. (Red)

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here