Kehadiran Kapal Cepat MV Trans JB Rute Ternate-Halbar Ditolak

86
Kapal cepat MV Trans JB

HALBAR,CH- Kapal cepat MV Trans JB dikabarkan, dalam waktu dekat akan melayani rute melalui Pelabuhan Dufa-Dufa Kota  Ternate-Pelabuhan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar). Sayangnya, kehadiran kapal ini tidak akan berjalan mulus sesuai dengan apa yang diharapkan.

Pasalnya, pihak Asosiasi Speed Boat Pelabuhan Jailolo dengan tegas menolak kehadiran kapal tersebut. Mereka menilai, kehadiran kapal  cepat itu akan membuat pendapatan speed boat menurun. Tidak menunggu lama, setelah mendengar informasi kehadiran kapal tersebut, pengurus Asosiasi Speed Boad Pelabuhan Jailolo langsung mendatangi Kantor Bupati Halbar.

“Kami meminta pemerintah daerah agar  dipertimbangkan akan kehadiran kapal itu agar tidak terjadi penganguran-pengangguran bagi anak-anak kami karena mata pencahariannya hanya Speed Boad, diluar dari itu tidak ada,” kata Ketua Asosiasi Speed Boat Pelabuhan Jailolo, Lon Abdul Gafur usai bersama rekan-rekanya melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati, Rabu (13/10/2021).

Kapal cepat ini kata Lon, memilki kapasitas penumpang 200 orang. Lon memastikan, hadirnya kapal cepat ini akan membuat Speed Boat tidak lagi mendapatkan penumpang.

BACA JUGA  GAMKI Halbar Gelar Aksi Tuntut Pelayanan Air Bersih Secara Merata

“Hasil pertemuan, pak wakil sampaikan dalam waktu dekat dilakukan pertemuan kedua dengan menghadirkan Dinas Perhubungan dan KKP untuk mengkaji kembali, dan dalam rapat itu wakil  juga sampaikan beliau tidak mau melihat masyarakatnya susah,” jelas Lon.

Senada juga disampaikan oleh  Muhammad Jasmin Ali. Dia mengaku informasi hadirnya kapal cepat itu sejak tiga hari lalu, melalui akun facebook atas nama Lukman. Setelah ditelusuri, ternyata benar adanya informasi tersebut. Kapal cepat ini juga dikabarkan akan beroperasi  3X dalam seminggu.

“Jadi untuk antisipasi kedatangannya (kapal cepat) sehingga saya dengan teman-teman pengusaha Speed Boat datang di Kantor Bupati untuk meminta kehadiran kapal dipertimbangkan pemerintah daerah,” ujar Muhammad  yang juga ABK Speet Boat.

Muhammad mengklaim, kehadiran kapal cepat itu bukan kenginan Pemerintah Provinsi. Melainkan ada pengusaha yang kerja sama dengan orang-orang yang ada di Halbar. “Dan itu kepentingan pribadi,” tegasnya.

Kapal cepat itu, saat ini dikabarkan berlabuh di Pelabuhan Sofifi untuk melayani para peserta STQ Tingkat Nasional. Dan belum diketahui kapan akan beroperasi di laut Ternate-Jailolo.

BACA JUGA  Dialog Publik Harmoni Membangun Harbar Berjalan Lancar

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here