Maraknya Pengeboman Ikan di Halsel, Warga Minta Penagak Hukum Tindak Tegas Pelaku

387

Salah Satu Tempat Aktifitas Pengeboman Ikan di Halsel

HALSEL,CH – Pengeboman ikan marak terjadi di Wilayah Gane Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) oleh oknum-oknum tertentu. Warga meminta agar penegak hukum segera mengambil sikap.

Informasi yang dihimpun cerminhalmahera.com, penangkapan ikan dengan cara ilegal itu terjadi di wilayah Gane. Para pelaku diketahui warga dari luar wilayah Gane. Mereka menggunakan perahu bermesin gantung 40 PK.

Budin, salah satu warga Desa Balitata Kecamatan Gane Barat bersama sejumlah rekan lainya mengaku melihat secara langsung pelaku menangkap ikan dengan cara bom tersebut.

“Sudah beberapa kali mereka lakukan, tapi kami tidak bisa berbuat apa-apa karena terlihat jelas para pelaku melakukan perlawanan dan tidak menghiraukan teguran kami sebagai warga,” kata Budin, Minggu (20/2/2020).

Warga lainya juga mengaku hal yang sama. Bahkan warga mengaku ikut mengambil ikan yang ikut timbul dipermukaan air akibat pengeboman tersebut.

“Saya perna kumpul ikan oci dan kombong satu karung di bibir pantai tepatnya di Dowora antara Saketa dan Balitata yang tidak sempat di ambil oleh para pelaku,” ujar Hatab, warga lainya.

BACA JUGA  Tabrakan Di Halut, Tewaskan Kepala Desa Tate Loloda

Warga pun meminta, penegak hukum agar menangkap pelaku untuk diadili sesuai dengan hukum yang berlaku.

Sementara Camat Gane Barat, Djamal Ishak saat dikonfirmasi mengaku tidak mengetahui hal tersebut. Ia pun berjanji akan mengundang muspika untuk mbicarakan hal ini.

“Nanti kami selaku Muspika bakal berkordinasi sehingga perbuatan merusak habitat laut dapat diberikan sangsi sesuai aturan yang ada,” janjinya. (Yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here