PAUD –TK di Halbar Butuh APE dan Buku

35
Aktifitas di Salah Satu PAUD di Halbar

HALBAR, CH- Tiga Lembaga Pendidikan Anak Usia  Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) masih kekurangan Alat Peraga Edukatif (APE) dan buku. Pihak lembaga berharap adanya bantuan dari Pemerintah Derah setempat.

kepala sekolah TK Mawar Jati, Lidya Diana Kawi mengatakan, untuk fasilitas sarana dan prasarana di lembaga pendidikan yang ia pimpin, masih kekurangan APE berupa, balok, boneka tangan, tempat seluncuran dan ayunan. Selain itu sarana pendukung lainnya seperti buku pake,t baik buku binatang, hitungan dan lingkungan itu.

“APE itu amat penting untuk saling belajar yang diajarkan guru mengembangkan ilmu pengatahuan dan bagaimana cara berinteraksi anak-anak dalam suatu permainan,” tutur Lidya kepada cerminhalmahera.com, di TK mawar Jati, Desa Jati, Rabu(17/11/2021).

Kata Lidya, kekurangan ini sejak 5 tahun lalu. Pihaknya belum bisa pengadaan karena keterbatasan anggaran. Untuk itu, Lidya meminta adanya perhatian dari Pemerintah Daerah.

Keluhan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Sekolah TK Dian Idamdehe Gamsungi, Antonia Waku. Menurut Antonia, sekolah yang ia pimpin ini kekurangan buku paket semester I dengan judul buku diri sendiri, lingkungan, kebutuhanku, binatang dan buku tanaman.

BACA JUGA  SMP Di Halbar Kekurangan Guru Olahraga Dan Agama

Sedangkan semester II yakni buku rekreasi, pekerjaan, alat komunikasi, air, udara, api, tanah airku dan buku alam semesta.

“Jadi kami butuh perhatian dari pemerintah sebab memang selama ini kami belum mendapat bantuan,” keluhnya, saat ditemui di TK Dian Idamdehe Gamsungi, Desa Dian Idamdeh.

Selain itu pihaknya juga membutuhkan meja dan kursi untuk guru dan siswa. Meja guru kelas A dan B sebanyak  duah buah, meja kursi siswa untuk dua kelas masing-masing 10 buah.

Selanjutnya, TK pengembangan 9 Porniti juga merasakan masalah yang sama. Yakni kebutuhan  buku judul binatang, diri sendiri dan kebutuhan serta meja dan kursi.

“Untuk itu kalau pemerintah ada niat membantu silahkan,” kata kepala sekolah TK Pengembangan 9 Porniti, di Desa Porniti, Delviani Tjali.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here