Pemerintah Kecamatan Jailolo Bakal Membina Desa Melalui Program Grapedes

581
Camat Jailolo Mochdar A. M Djen,

HALBAR,CH- Pemerintah Kecamatan Jailolo di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara bakal menjalankan Program Gerakan Peduli Desa (Grapedes). Kegiatan ini tidak lain adalah melakukan pembinaan terhadap desa lewat survei mulai dari infrastruktur pembangunan hingga pada penggunaan anggaran.

Camat Jailolo Halmahera Barat,  Mochdar A.M Djen, mengatakan program ini mulai dijalankan pada November 2021. Dalam implementasinya, pihaknya akan membagi beberapa kelompok, kemudian masing-masing kelompok akan diterjunkan ke masing-masing zona secara bergantian.

“Misalnya grup (kelompok) satu turun hari senin di zona satu Desa Acango, grup dua turun hari selasa di zona dua Hatebicara, grup tiga turun hari rabu di zona tiga Kusumadehe dan grup empat turun hari kamis di zona empat Desa Soakonora dan itu nantinya meroling grup kembali,” jelas Mochdar, Senin (18/10).

Tugas kelompok yang diterjunkan ke ini untuk melakukan pembinaan di desa seperti mengecek administrasi belum lengkap, infrastruktur pembangunan desa, dana desa dan permasalahan lainya. Dari hasil itu kemudian akan dievalusi.

Sementara untuk di 2022, kata Mochdar, pihaknya akan melaksanakan program pembinaan  terhadap Badan Usahan Milik Desa (BUMDes). Di mana satu desa satu prodak yang harus dikelolah, sesuai dengan potensi yang ada di desa masing-masing.

BACA JUGA  Disdikbud Halbar Berlakukan Kegiatan Belajar Siswa-Siswi Dari Rumah

“Karena selama ini BUMDes terbentuk di desa-desa dan ketika diberikan anggaran oleh daerah tetapi tidak berkembang, jadi kedepan pembinaan BUMDes akan diprioritaskan sehingga program satu desa satu prodak bisa berjalan,” pungkasnya.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor : Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here