Pemkab Halbar Hibahkan Tanah Untuk Pembangunan Kantor Kodim

75

Penandatanganan Berita Acara Hibah Tanah Oleh Pemkkab Halbar Ke Danrem/152 Baabullah

HALBAR, CH – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut), Kamis (19/8) 2021 melakukan penandatanganan berita acara hibah tanah ke Komando Resor Militer 152/Babullah Maluku Utara, di dilantai dua Kantor Bupati.

Wakil Bupat Halbar, Djufri Muhamad dalam sambutanya, berharap ke depan dengan berdirinya kantor  Kodim lebih mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengam jajaran TNI untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI dan dapat membina masyarakat di lapangan dengan sebaik-baiknya.

“Kita pemerintah daerah tentunya sangat bersyukur  kehadiran kodim karena selain membantu pelaksanaan pembangunan terotirial wilayah, bisa melakukan pembinaan kepada masyarakat diberbagai sektor serta untuk dapat menerima dan mendidik  dibaringi menjadi anggota TNI,” harapnya.

Dikatakan, laju pertumbuhan penduduk masyarakat Halbar serta rentang kendali pemerintahan yang begitu jauh, maka berdasarkan Perda (Peraturan Daerah) nomor 7 tahun 2006 tanggal 21 Desember tahun 2005, terjadi pemekaran di tiga kecamatan yakni Kecamatan Sahu, kecamatan Tabaru dan Kecamatan Jailolo Selatan. Ini dilakukan agar jangkauan kecamatan ke pusat pemerintahan kabupaten lebih dekat.

BACA JUGA  Pemda Halbar Bakal Buka Nomor Hotline Pengaduan Pungli

Lanjut wakil  bupati, berdasarkan perda nomor 6 pada tahun 2005 tentang pemekaran Jailolo Timur dan beberapa kecamatan lainya.  Kementrian Dalam Negeri melalui Gubernur Maluku Utara telah mengeluarkan kode wilayah kecamatan Loloda Tengah pada tanggal 17 Juli 2021.  Dan pada 14 Juni 2021, Loloda Tengah telah diresmikan menjadi kecamatan devenitif.

“Sehingga saat ini Kabupaten Halmahera Barat meliputi 10 kecamatan diantaranya Kecamatan Jailolo, Sahu, Sahu Timur, Tabaru, Loloda, Loloda Tengah, Jailolo Selatan, Jailolo Timur, Ibu, Ibu Selatan,”sebutnya.

Sementara Danrem/152 Baabullah, Brigjen TNI. Imam Sampurno Setiawan mengatakan, menyampaikan terima kasih  kepada Pemerintah Daerah yang telah menghibakan tanah untu pembangunan Kantor  Kodim. Bangunan ini direncakan akan mulai dibangun pada 2022.

“Dan jika kedepan telah dibangun kantor kodim  tersebut kami ada rencana strategi angkatan darat sampai tahun 2024.  “Jika kebijakan pembangunan kantor TNI terwujud, tentunya kita berupaya semaksimal mungkin untuk dapat meningkatkan pertahanan, keamanan dan kedamaian terhadap masyarakat Halbar,” ujarnya.

Riko Noho

Reporter: Roko Noho
Editor: Suhardi  Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here