Soal Pabrik, Ini 14 Poin Hasil Kesepakatan Dengan PT. Antam di Jakarta

2020
Pertemuan antara Perwakilan Dari Haltim Dengan pihak PT. Antam di Kantor PT. Antam di Jakarta

HALTIM, CH- Berbicara soal pengoperasian Pabrik Fero Nikel milik PT. Antam di Tanjung Buli Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara tidak ada habisnya. Sudah kurang lebih 10 tahun, pabrik tersebut tak kunjung beroperasi.

Berbagai  cara telah dilakukan oleh warga Haltim, lebih khsus warga di lingkar tambang  agar bangunan pabrik itu bisa beroperasi. Namun, cara yan dilakukan warga belum juga membuahkan hasil.

Kali ini, perwakilan dari Haltim yang mengatasnamakan Tim Negosiator Percepatan Pengoperasian Pabrik Fero Nikel baru-baru ini berangkat ke Jakarta untuk bernegosiasi lansung dengan pimpinan pusat PT. Antam.

Dari hasil pertemuan yang berlangsung  di Kantor PT. Antam, disepakati 14 poin, diantara:

  1. Antam tetap berkomitmen melanjutkan pengoperasian pabrik di Tanjung Buli.
  2. Antam berkomitmen untuk mengoperasikan pembangkit listrik pada Bulan Oktober sampai Desember 2022.
  3. Antam akan menyerahkan salinan dokumen-dokumen terkait bukti keseriusan Antam untuk melanjutkan pengoperasian pabrik.
  4. Antam memastikan minggu depan akan melaksanakan kegiatan di sekitar pabrik dan Land Cleaning pada lokasi pembangkit listrik.
  5. Apabila sampai pada tanggal 31 Desember 2021 belum ada dokumen terkait SPJBTL/kontrak penyedia listrik, maka akan dilakukan pemboikotan aktifitas Antam di UBPN Maluku Utara.
  6. Mulai Januari 2022, pegawai Antam UBPN Maluku Utara yang saat ini berkerja di UBPN Sulawesi Tenggara, akan dipulangkan ke Halmahera Timur secara bertahap sesuai kebutuhan.
  7. Antam akan melakukan pemilihan kerja dalam rangka penyiapan tenaga kerja, sambil menunggu Balai Latihan Kerja yang dibentuk oleh Pemerintah Daerah.
  8. Pengelolaan dana Comdev di 16 desa lingkaran tambang Antam, senilai Rp. 200 juta pertahun, per desa terhitung mulai tanggal 1 Januari 2022.
  9. Antam akan membangun Graha Pemuda di tahun 2026.
  10. Antam berkomitmen untuk melibatkan dan berkerjasama dengan pengusaha lokal serta melakukan pemberdayaan UMKM, sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  11. Pelibatan BUMD dalam proses atau kegiatan pertambangan Antam.
  12. Antam akan melakukan rekrutmen pegawai Antam khusus Halmahera Timur pada periode Januari sampai Desember 2022 sesuai kebutuhan.
  13. Bantuan CSR Antam untuk OKP, Ormas dan karang taruna, sesuai proposal dan ketersediaan anggaran perusahaan, dan terakhir
  14. Antam menyiapkan laporan dan atau sosialisasi kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat terkait perkembangan progres percepatan pengoperasian Pabrik Feronikel.
BACA JUGA  Satlantas Polres Haltim Gelar Operasi Patuh Sambil Sosialisasi

Berita acara hasil kesepakatan ini ditandatangani langsung oleh Direktur Sumber Daya Manusia PT. Atam TBK, Luki Setiawan Suardi dan Wakil Bupati  Haltim, Anjas Taher SE, MSi pada Tanggal 16 November 2021 di Jakarta.

Selain Wakil Bupati, Anjas Taher, informasi yang diperoleh cerminhalmahera.com, para pembesar yang ikut berangkat ke Jakarta itu diantaranya,  Wakil Ketua II DPRD Haltim, Idrus E. Maneke, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga , Ailen Guselaw, dan Camat Maba, Johanis Tahalele bersama sejumlah kepala desa di Kecamatan Maba. Setelah kembali dari Jakarta tim ini akan melakukan rapat guna untuk menyampaikan hasil pertemuan.

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here