Atasi Bencana, BPBD Halbar Minta Warga Jangan Menebang Pohon Sembarangan

78
Plt. Kepala BPD Halbar, M. Ade Fabanyo

HALBAR, CH- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut), meminta kepada warga agar tidak menebang pohon sembarangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana alam berupa banjir, longsor serta bencana lainnya.

Plt. Kepala BPBD Halbar, M. Ade Fabanyo, menuturkan Halbar saat ini sering terjadi curah hujan dengan intensintas tinggi, sedang dan rendah. Kondisi ini tentunya sangat rentang dengan terjadinya banjir maupun lonsor.

“Jadi di harapkan kepada semua warga jangan menebang pohon sembarangan karena ketika terjadi gelombang, fungsi  pepohonan itu dapat menyerap air, jika ditebang air tersebut mudah mengalir ke pemukiman warga sampai masuk dalam rumah warga,” jelas M. Ade di ruang kerjanya, Senin (30/8/2021).

Lanjut,  Ade mengatakan selama 2021 ini, belum terjadi bencana longsor, yang ada hanya bencana angin puting beliung pada April lalu. Bencana itu menyebabkan 3 bangunan rumah di Desa Matui dan  Desa Tuada Kecamatan Jailolo mengalami kerusakan. Satu rumah rusak berat dan dua lainya rusak ringan.

BACA JUGA  PC. NU Halbar Dukung Pembubaran FPI Sebagai Ormas Terlarang

“Alhamdulillah telah kita atasi semua,” katanya,

Demi keselamatan, M. Ade meminta agar masyarakat tetap berhati diasaat kondisi  cuacaca tidak bersahabat.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here