Bupati Haltim: Penggunaan Bantuan Keuangan Parpol Harus Transparan

104

Foto Bersama Sekertaris dan Bendahara Parpol Usai Mengikuti Bimtek

HALTIM, CH- Para pengurus partai politik (parpol) yang mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur, diminta untuk transparan dalam penggunaanya.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Halmahera Timur, Ubaid Yakub melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Halmahera Timur, Talha Malaka dalam acara bimbingan teknis (bimtek) Laporan Bantuan Keuangan Partai Politik Tahun 2022 yang berlangsung di Aula kantor camat Maba, Kamis (8/11/2022).

Sambutan tertulis bupati yang dibacakan oleh Talha Malaka itu dijelaskan, informasi penggunaan anggaran tersebut harus diketahui oleh seluruh pengurus partai politik. sehingga dalam penggunaan keuangan partai politik harus transparan dan tepat sasaran dan paham sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Pengelolaan dana bantuan Partai Politik yang bersumber dari Pemerintah Daerah, menjadi hal yang sangat krusial, sehingga diharapkan tidak ada kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan, karena bantuan keuangan partai menjadi konsen dalam Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan,” tegasnya.

Oleh sebab itu bupati berharap, bimtek yang dilaksanakan oleh Kesbangpol Halmahera Timur ini tidak lagi ada kelalaian dan kesalahan dalam pembuatan laporan berdasarkan Permendagri Nomor 78 Tahun 2022 tentang pelaporan keuangan partai politik 60 persen dan 40 persen.

BACA JUGA  Bupati Haltim Saksikan Penandatangan Kerjasama OPD Soal Data Kependudukan

“Ada sebanyak 11 partai politik yang mendapat bantuan keuangan dari Pemerintah Daerah untuk tahun 2022 ini. Besaran bantuan keuangan partai politik dengan jumlah Rp. 21.000 persuara di kali jumlah perolehan suara masing-masing Partai Politik sesuai hasil Pemilu 2019 yang dikeluarkan oleh KPU Haltim,” sebutnya.

Berikut 11 partai politik yang mendapat bantuan Keuangan dari Pemerintah Daerah, yakni PDIP, PAN, Golkar, Gerindra, Demokrat, Hanura, Nasdem, PKS, Perindo, PKPI dan Garuda.

Amatan cerminhalmahera.com dari jumlah partai ini, hanya 8 partai yang mengikuti bimtek tersebut, diantaranya PKPI, Golkar, PDIP, Perindo, PAN, Gerindra, Nasdem dan Garuda.

Pemateri dalam kegiatan bimtek ini, pihak
Kesbangpol, Inspektorat dan Dinas Keuangan, serta didampingi oleh Camat Maba, Johanis Tahalele.

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here