Demi Pelayanan, PDAM Halbar Bakal Beli Mesin Pompa Baru

86
Direktur PDAM Jailolo, Robert Fadli

HALBAR, CH- Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Jailolo Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara diakhir tahun ini berencana akan membeli mesin pompa baru. Pembelian mesin baru ini, untuk menjawab keluhan warga soal air bersih.

Direktur PDAM Jailolo, Robert Fadli mengatakan, berdasarkan informasi yang dia terima dari  warga Desa Tuada Kecamatan Jailolo. Bahwa air bersih yang dialirkan ke Desa Tuada tidak berjalan maksimal. Warga mendapatkan air di saat tengah larut malam.

“Akhir Tahun 202I kamai bakal membeli mesin dengan kapasitas 12 liter perdetik untuk menjawab keluhan warga terkait kekurangan air bersih yang terjadi di Desa Tuada,” kata Robert, baru-baru  ini.

Pelayanan air bersih ke Desa Tuada, kata dia tidak berjalan maksima karena kondisi mesin pompa atau pendorng air suda lebih dari 10 tahun. Hal ini tentu berpengaruh pada penurunan kualitas pada jam operasi. Tekanan air yang sebelumnya 5 liter perdetik kini hanya 3 liter perdetik.  Selain itu, tekanan air juga berkurang karena di ujung-ujung pipa yang dulunya diatas 10 MDA, saat ini hanya 7 MDA.

BACA JUGA  Kantor Dinas Perhubungan Halmahera Barat Terbakar

“Sehingga di Desa Tuada sebagian RT atau RW air tidak terdistribusi dengan lancar pada jam-jam puncak pelayanan, misalnya pagi dan sore, jika bukan di jam pelayanan seperti pada larut malam baru air berjalan sampai di ujung pipa dengan tekanan kekuatan yang cukup kuat tersalur,”jelasnya.

Robert, mengaku dirinya baru menjabat sebagai Direktur PDAM, sehingga baru mengetahui persoalan air bersih saat disambangi wartawan, serta ada laporan dari warga.

“Mudah-mudahan akhir tahun ini suda di beli mesin baru, karena saya suda mengecek ke bendahara itu ada anggaran DAK, akan kita gunakan belanja mesin dengan kapasitas 12 liter perdetik, jika 12 liter bisa tembus sampai ke Desa Tuada,” paparnya.

Riko Noho

Penulis : Riko Noho
Editor : Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here